resensi buku nonfiksi

Judul                  : sepuluh dosa pemasaran mematikan

Pengarang          : Philip Kotler

Penerbit              : Erlangga

Tahun terbit        : 31 agustus 2004

Jumlah halaman: 154 halaman

Buku ini menjelaskan kesalahan-kesalahan dalam praktek pemasaran. Pada saat ini teori- teori tentang pemasaran sudah sangat bagus dan mampu memajukan perusahaan. Tapi pada prakteknya terjadi hal hal yang menyimpang seperti kesalahan kesalahan tersebut.

  1. Perusahaan tidak berfokus pada pasar dan tidak digerakan oleh konsumen pada tingkat yang memadai.
  2. Perusahaan tidak sepenuhnya memahami konsumen dan target.
  3. Perusahaan tidak  mendefinisikan dan memonitor pesaing-pesaing dengan lebih baik.
  4. Perusahaan salah mengelola hubungan dengan para stakeholder.
  5. Perusahaan kurang berbakat dalam mememukan peluang-peluang baru.
  6. Proses perencanaan suatu perusahaan buruk.
  7. Kebijakan-kebijakan produk dan jasa Anda tidak memiliki pengetatan.
  8. Keahlian-keahlian brand-building dan komunikasi Anda lemah.
  9. Perusahaan tidak terorganisir cukup baik untuk menjalankan pemasaran secara efisien dan efektif.
  10. Perusahaan tidak memaksimalkan pemanfaatan teknologi.

Dan kesalahan-kesalahan tersebut dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi perusahaan seperti, mengganggu perkembangan perusahaan, dan mengakibatkan perusahaan menjadi bangkrut. Karena, cara pemasaran produk sangat menentukan masa depan perusahaan.

Buku ini merupakan satu dari banyak buku nonfiksi yang telah ditulis oleh Philip Kotler. Dan Philip kotler telah menulis lebih dari 40 buku dalam bidang marketing seperti, Kotler on Marketing, Lateral Marketing, Strategic Marketing for Non-Profits, Marketing for Healthcare Organizations, Marketing Professional Services, Marketing From A to Z, The 10 Deadly Marketing Sins, Marketing Moves, Marketing places, the Marketing of Nations, Social Marketing dan lebih dari seratus artikel.

Philip Kotler adalah SC Johnson Distinguished Profesor Pemasaran Internasional di Kellog School of Management. Dia telah dihormati sebagai salah satu pemikir pemasaran terkemuka di dunia. Ia menerima gelar MA di bidang ekonomi (1953) dari University of Chicago dan gelar Ph.D. gelar di bidang ekonomi (1956) dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), dan telah menerima gelar kehormatan dari dua belas universitas asing. Philip kotler telah menjadi konsultan untuk IBM, General Electric, Sony, AT & T, Bank of America, Merck, Motorola, Ford, dan lain-lain. The Financial Times termasuk dia dalam daftar dari 10 pemikir bisnis. Mereka mengutip Manajemen Pemasaran sebagai salah satu dari 50 buku bisnis terbaik sepanjang masa.

Dilihat dari tampilannya, buku ini mampu menggambarkan makna dari isi buku ini. Karena warna yang dipilih mengungkapkan hal yang berbahaya. Yaitu, jika anda melakukan hal-hal yang dianggap oleh Philip Kotler sebagai suatu kesalahan dalam pemasaran, maka, hal itu akan menimbulkan dampak yang buruk bagi perusahaan anda. Dan juga ketika anda membaca buku ini maka anda akan mendapatkan banyak manfaat. Karena Philip Kotler tidak hanya menjelaskan akar dari kesalahan-kesalahan sering anda perbuat dalam pemasaran, tapi Philip Kotler juga memberikan solusi-solusi yang dapat diambil oleh anda. Selain itu cara penyampaian isi dari tulisannya Philip Kotler mengunakan cara-cara dan gaya penulisan  yang lebih mudah dimengerti oleh pembaca serta tidak bertele-tele.

Buku yang telah ditulis oleh Philip Kotler ini sangatbermanfaat bagi dunia pemasaran. Karena Philip Kotler tidak hanya memberikan sebuah dakwaan pada praktek-praktek pemasaran saat ini, tetapi juga memberikan tijauan yang menyeluruh terhadap peran dan fungsi dari pemasaran pada masa kini. Hal ini bermanfaat bagi anda agar anda tidak mudah tersandung oleh kesulitan-kesulitan paling umum dan paling mendasar dalam bisnis.

Jadi buku ini sangat bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan baru yang ingin memasarkan produknya. Dan buku ini hampir tidak memiliki kekurangan yang berarti. Karena buku menjelaskan cara-cara pencegahan yang dapat digunakan ketika suatu masalah mulai timbul.

Dan juga memberikan solusi serta saran yang membangun. Sehingga dapat digunakan oleh perusahaan sebagai panduan untuk memasarkan produk-produknya.dan membuat perusahaan lebih berkembang dan kokoh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s